GUBERNUR SUMBAR BUKA RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN GUBERNUR DENGAN BUPATI DAN WALIKOTA SE SUMATERA BARAT. Berita Utama

GUBERNUR SUMBAR BUKA RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN GUBERNUR DENGAN BUPATI DAN WALIKOTA SE SUMATERA BARAT.

Padang--Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakor Renbang) Gubernur dengan Bupati dan Walikota dengan tema "sinkronisasi program kegiatan pembangunan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar Tahun 2022 dan periode Tahun 2021-2026" di Auditorium Gubernuran, Senin (8/3/2021).

Rakor Renbang tersebut dibuka oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Sekda Provinsi Sumbar Alwis, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri, Asisten, Staf Ahli, dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar serta Bupati/Walikota.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan pada hari ini adalah dalam rangka melaksanakan peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

"Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah yang diamanatkan kepada Gubernur, melalui rakor ini agar tercipta sinkronisasi kebijakan pembangunan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota", ucap Gubernur.

Menurutnya, rakor perencanaan ini sangat penting dilakukan guna melakukan monitoring, evaluasi serta melakukan pembinaan serta sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan antara provinsi dan kabupaten/kota.

Selanjutnya, hasil rakor ini tidak hanya sekedar berita acara tapi juga dilanjutkan dengan MOU masing-masing OPD dengan Bupati dan Wako sesuai dengan sektor atau bidang masing-masing.

"Untuk membahas titik permasalahan pembangunan baik di provinsi, kabupaten maupun kota sehingga dengan rakor hari ini saya berharap mendapatkan alternatif solusi untuk pembangunan yang lebih baik lagi kedepan baik di provinsi, kabupaten maupun di kota," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri menyebutkan bahwa ini adalah salah satu inovasi perencanaan yang dilakukan agar tercipta sinkronisasi program dan kegiatan mulai tingkat bawah sampai pusat agar pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Rakor ini sudah dilaksnakan sejak tahun 2018 dan direspon oleh Kabupten Kota serta diapresiasi oleh Bappenas dan Kemendagri. Rakor Renbang dijadwalkan selama tiga hari dimulai 8 Maret sampai 10 Maret 2021 nanti, diikuti oleh bupati dan walikota di 19 kabupaten/kota se-Sumbar.

"Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, pada hari pertama ini dilakukan Walikota Padang Panjang, Walikota Bukittinggi, Walikota Payakumbuh, Bupati Solok Selatan dan Bupati Tanah Datar, Bupati Padang Pariaman
masing di hadiri perangkat daerah terkait," terang Hansastri.

"Dalam acara ini, tahapan ini selain dari bupati dan walikota menyampaikan paparannya secara langsung, juga ditangkapi oleh OPD dan selanjutnya arahan dari Pak Gubernur dan Pak Wagub," tuturnya.


(Biro Humas Setda Prov Sumbar)



Berita Terkait